jkon

Jayapura, (19/10/2019) Para Komunitas dari perwakilan 16 subsektor Pelaku dan Komunitas Ekonomi Kreatif yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura melaksanakan Deklarasi Organisasi Induk Jejaring Ekonomi Kreatif yang bernamakan “JARINGAN KOMUNITAS KREATIF NUMBAY” dengan disingkat “JKON”.

JKON di inisiasi rumusan pembentukannya oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura. Bidang Ekonomi Kreatif bersama komunitas yang dilakukan konsolidasi sejak nopember tahun 2018 melalui beberapa komunitas ekraf subsektor Film,Animasi,Video. Kemudian dilanjutkan dengan konsolidasi serta koordinasi dengan komunitas ekraf berbasis seni dan budaya seperti sub sektor kriya, seni pertunjukan (tari, musik dan teater), fashion (batik port numbay) dan kuliner untuk dalam rangka pembentukan Jejaring Komunitas Kreatif Kota Jayapura. JKON ini adalah hasil diskusi yang panjang dengan sebuah usulan nama yaitu Numbay Creative City Network (NCCN) kemudian Numbay Creative Community (NCC) dan juga Rumah Kreatif Numbay serta beberapa usulan nama yang lainnya. Namun akhirnya pada Hari Rabu tanggal 03 Oktober 2019 dengan hasil Rapat dengan perwakilan Komunitas dari 16 subsektor sepakati dengan nama “Jaringan Komunitas Kreatif Numbay” atau disingkat JKON.

Selanjutnya pada pertemuan berikutnya antara Dinas Pariwisata dengan para komunitas perwakilan 16 subsektor mempersiapkan agenda Deklarasi pada hari sabtu tanggal 19 Oktober 2019 (19-10-19) bertempat di Lapangan Trisila Angkatan Laut, Hamadi. Deklarasi dilaksanakan pada event Promosi Astra Motor International Branch Papua pada program pengembangan komunitas.

Kegiatan Deklarasi dilaksanakan langsung oleh perwakilan komunitas didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura yang diwakilkan Kepala Seksi ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek bidang Ekonomi Kreatif  dan mendapatkan pengarahan oleh oleh Walikota Jayapura yang diwakilkan Wakil Walikota Jayapura serta disaksikan oleh seluruh komunitas yang hadir.

Adapun isi singkat tentang Deklarasi yaitu membentuk jejaring yang dinamai JKON sebagai wadah pemersatu komunitas kreatif berbasis media,desain,iptek dan berbasis seni,budaya, bersama 3 aktor lainnya (Pemerintah serta Adat,Swasta/dunia usaha,Akademisi) dalam membangun ekosistem serta bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi kreatif menuju kota kreatif tahun 2022, bersama 3 aktor ekraf dalam program perlindungan hak kekayaan intelektual dan hak cipta karya ekonomi kreatif di Kota Jayapura Provinsi Papua.

Harapan bapak wakil walikota jayapura agar JKOn bersama komunitas juga meningkatkan Promosi dan Pemasaran ekonomi kreatif melalui agenda-agenda workshop dan event-event di Kota Jayapura yang siap menjadi Tujuan Wisata favorite oleh wisatawan di Papua dan juga menjadi Tuan Rumah dalam event olah raga nasional PON ke 20 tahun 2020 mendatang.

Penulis (MC.Naano/Kasi.Bina Ekraf Berbasis MDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here