Jayapura, Dinas Pariwisata (19/07/19), Kunjungan kerja Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, IPTEK dan Budaya Maritim ke Dinas Pariwisata.

Kunjungan kerja dimaksud, melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata melihat potensi Pariwisata bawah laut (underwater) yang ada di kampung wisata di 10 kampung adat di Kota Jayapura yaitu Kampung Kayubatu dan Kayupulau. “Freedive menjadi trend milenia yang bisa di pasarkan pada kampung kayupulau dan kayubatu, karena secara history kampung ini banyak masyarakat yang mata pencaharian dari sektor perikanan” ungkap Bapak Sartin Hia, SE, MM (Kabid.Seni & Budaya Bid.Kemaritiman Deputi Bidang SDM,IPTEK & Budaya Maritim)

Dalam rangka memeriahkan perhelatan menuju Festival Teluk Humboldt yang ke 11 Tahun 2019 pada tanggal 5 s.d 7 Agustus, Dinas Pariwisata menawarkan kerjasama pengembangan pariwisata di kampung kayubatu dan kayupulau, yaitu dengan kegiatan Road to Event “FTH-11,2019”.

Dengan rincian kegiatan Workshoop, Lomba Olahraga kampung yaitu “Numbay Molo Cempetition”, lomba menyelam menembak ikan dengan senapan tradisional serta lomba dayung perahu tradisional “Traditional Boath Kayupulau Competition”

Dan juga kampung kayupulau akan menampilkan “T’NYA T’NYA”, yaitu tradisi mencari kayu bakar oleh masyarakat kayupulau pada Acara besar Keondoafian. Road to FTH-11 direncanakan pada tanggal 3 agustus, kegiatan dari kampung kayupulau yang juga merupakan pemeriahan dalam rangka HUT RI ke-74 tahun 2019 dengan theme “SDM unggul INDONESIA MAJU. | mc.naano (bid.ekraf)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here