DISPAR KOTA JAYAPURA – Jayapura, DPRD Kota Jayapura (24/07/19) Pembahasan Draft Rancanangan Peraturan Daerah tentang Ekonomi Kreatif oleh Komisi C DPRD Kota Jayapura.

Rapat pembahasan Draft Raperda ekonomi kreatif dipimpin oleh Ketua Komisi C DPR yang dihadiri oleh OPD Kota Jayapura terkait yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Peridustrian, Perdagangan & Koperasi (peridagkop), Dinas Pemuda & Olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pembangunan Kampung, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Papua.

Raperda ekonomi kreatif (ekraf) Kota Jayapura menjadi perhatian khusus komisi C DPR Kota Jayapura. Dalam proses rapat yang berlangsung Para Kepala OPD terkait menyampaikan beberapa masukan tentang pengembangan ekonomi kreatif antara lain Dinas Peridagkop menyampaikan Pelaku UKMK yang masih kesulitan dalam perijinan, Dinas pemuda olah raga : senam tari wainiambey sudah ditetapkan namun belum mempunyai HAKI (hak cipta) serta Dinas Pariwisata juga menyampaikan Apresiasi yang besar diucapkan kepada yang terhormat Ketua Komisi C DPRD Kota Jayapura, karena sejalan sesuai Renstra Dinas Pariwisata.

Dinas Pariwisata sementara ini telah melakukan koordinasi aktif dengan para mitra dan komunitas dari 10 kampung adat dan 25 kelurahan untuk memetakan potensi kreatif untuk menjadi icon kreatif dari subsektor kuliner, kriya serta seni pertunjukan di Kota Jayapura, hingga nantinya bisa menjadi souvenir khas kenangan atau oleh-oleh para wisatawan, contohnya seperti kota jakarta dengan souvenir gantungan kunci monasnya, ungkap Kepala Dinas Pariwisata pada Rapat pembahasan Raperda.

Diharapkan Raperda ini dapat menjadi dasar untuk menjadikan Kota Jayapura menuju Kota Kreatif sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 6 Tahun 2015 tentang 16 subsektor ekonomi kreatif.| MC.NAANO – Bid. Ekraf (Koord. Publikasi & Dokumentasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here